Alat Pengukur Tekanan Ban

Alat_pengukur_tekanan_angin

Alat_pengukur_tekanan_angin

Alat Pengukur Tekanan Ban

Setiap anda mengendarai Kendaraan pasti hal pertama adalah menjaga angin ban motor anda agar tetap stabil. tentu menjaga tekanan angin adalah keharusan bagi yang suka berkendara jauh. Hal ini bertujuan untuk memelihara ban dalam maupun ban luar agar berumur panjang dann juga pasti faktor keselamatan dalam berkendara.

Kondisi kurang tekanan angin akan membuat akan mengendarai kurang stabil dan beban berat saat berkendara, sebaliknya jika kelebihan angin juga akan mengurangi anda dalam berkendara, karena getaran akan lebih terasa 2 x lipat.

pemeliharaan Ban Agar tetap Kondisi prima dan tahan Lama

Tekanan angin untuk mobil penumpang biasa pada range di antara angka 32 Psi pada kondisi ban dingin. Waktu pengecekan paling optimal dilakukan dalam 1 bulan sekali dan pada saat melakukan perjalanan jauh. Namun untuk yang seering beraktivitas dengan mobil, lakukan pengecekan visual setiap minggu atau bahkan kalau bisa setiap hari agar memastikan apakah fisik ban anda dalam kondisi baik atau tidak.

Agar mendapatkan Keakuratan angka tekanan, anda bisa menggunakan alat bernama ‘tire pressure gauge’ atau alat pengukur tekanan angin ban yang secara umum dibuat dengan standar satuan Psi  (Pounds per Square Inch – US Standard). Dalam satuan metric atau Standar Internasional equivalen dengan 6,89 Kpa. Alat ini dengan mekanismenya secara sederhana dapat bekerja memberikan hasil angka pengukuran tekanan.

Berikut ini ada beberapa tipe alat pengukur tekanan ban yang beredar di pasaran:

1. Tipe Stik (Stick-Type Gauge)

alat-pengukur-tekanan-ban-img1
Memiliki tipe berbentuk seperti bolpen, sangat praktis dan sederhana. Mekanismenya menggunakan sistem piston dan pegas yang sudah terkalibrasi. Saat penggunaan, tekanan angin dari ban secara sesaat mendorong piston menghasilkan pembacaan tekanan pada skala stik piston bagian luar yang terdorong. Penggunaan tipe stik ini memang akan sedikit susah dalam hal pembacaan. (sumber gambar: auto.howstuffworks.com)

2. Tipe Dial

alat-pengukur-tekanan-ban-img2
Seperti layaknya pressure gauge manual pada umumnya, tipe dial memiliki pembacaan seperti jam dinding yang memiliki skala tekanan dala satuan Psi dan Kpa. Dalam mengoperasikan tipe ini, anda membutuhkan dua tangan karena ukuran tipe dial ini agak besar dan membutuhkan satu tangan untuk memegangnya. Pembacaan tipe ini tidak merepotkan, cukup jelas dengan jarum yang menunjukkan angka tekanan tertentu. (sumber gambar: www.consumerreports.org)

3. Tipe Digital

alat-pengukur-tekanan-ban-img3
Dengan ukuran yang praktis, tipe digital memberikan pembacaan yang mudah melalui layar LCDnya. Tipe ini memiliki ketahanan yang cukup baik terhadap kotor dan debu, hanya saja anda perlu mengganti baterai mengingat baterai ini yang menjadi sumber tenaga untuk mengaktifkan tipe digital.

Dengan itu saja yang bisa kami jelaskan kepada anda, untuk alat alat pengukur tekanan ban anda bisa membelinya di toko toko alat sparepart mobil kota anda. alat tersebut sudah dipasarin sejak lama. Semoga anda selalu utamakan keselamatan anda dalam berkendara ya…sekian dan terima kasih.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*