Virtual Reality

virtual reality

virtual reality

virtual reality

Virtual Reality atau VR atau Realitas Maya adalah sebuah teknologi yang memungkinkan pengguna bisa langsung berinteraksi terhadap objek nyata yang disimulasikan oleh komputer.

Lingkungan objek yang hanya dalam imanjinasi ini mampu membangkitkan suasana 3 dimensi yang memungkinkan pengguna teribat langsung secara fisik inilah konsep dari Virtual Reality, selain secara visual sekarang ini juga sudah dipadu dengan audio.

Virtual Reality saat ini sudah banyak digunakan banyak pihak seperti contoh di pelatihan pilot atau simulasi penerbangan, pelatihan kedokteran, dan yang paling banyak di temukan adalah dalam simulasi games dan film.

Dengan jangkauan penglihatan yang 360 derajat ini akan membuat pengguna merasa benar-benar berada didunia tersebut dan berinteraksi langsung dengan orang-orang disekitarnya.

Cara Kerja Virtual Reality adalah Pengguna memperhatikan suatu dunia semu, yang sebetulnya berbentuk gambar-gambar yang bersifat dinamis. Dengan media perangkat headphone atau speaker, pengguna bisa mendengar suara yang realistis. Dengan media headset, glove dan walker, semua gerakan pengguna dipantau oleh sistem kemudian sistem memberikan reaksi yang sesuai. Sehingga seolah-olah pengguna merasakan sedang berada pada situasi yang nyata, dan dapat dirasakan baik secara fisik maupun psikologis.

Perlengkapan Virtual Reality
– Headset : berfungsi untuk memonitor pergerakan kepala
– Glove : Berfungsi untuk memonitor gerakan tangan
– Walker : Berfungsi untuk memonitor pergerakan Kaki

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*